Keturunan Banten yang Menjadi Menteri Raja Salman

BISMILLAH. Salah satu yang kiranya menarik dari kunjungan Raja Salman as Saud ke Indonesia – sehubungan dengan hal keindonesiaan – adalah ikutsertanya seorang keturunan Banten yang kini menjadi Menteri Urusan Haji dan Umroh dari Kerajaan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Arab Saudi, yakni DR. Muhammad Salih Bin Thohir Benten, hafiidzahullah. Beliau adalah salah seorang keturunan dari Syaikh Nawawi al-Bantani al-Jawi – rahiimahullah – seorang ‘ulama besar berkelas dunia yang lahir di Kampung Tanara, yakni sebuah desa kecil di kecamatan Tirtayasa, Serang, Banten (sekarang Kampung Pesisir, desa Pedaleman Kecamatan Tanara depan Mesjid Jami Syaikh Nawawi Bantani) pada tahun 1230 H atau 1813 M.

Jadi DR. Muhammad Salih Bin Thahir Benten juga masih berhubungan saudara dengan Ketua Umum MUI kini, KH. DR. Ma’ruf Amin – hafiidzahullah – yang juga adalah keturunan dari Syaikh Nawawi al-Bantani, rahiimahullah. Syaikh Nawawi al-Bantani – Allah yaa arhamhu – sendiri adalah salah seorang Imam Masjidil Haram yang dihormati Muslimiin, tidak saja di wilayah jazirah Arabia Tengah (kini bernama Arab Saudi), tetapi juga di seluruh dunia.

Selain tentu saja, jangan lupakan, Syaikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi – rahiimahullah – seorang ‘ulama asli kelahiran ranah Minangkabau (kini menjadi Propinsi Sumatera Barat dan sekitarnya). Beliau seorang ‘ulama, serta Mufti untuk segala urusan madzhab As Syafi’iyyah di Masjidil Harom, dan juga salah seorang Imam Masjidil Harom. Syaikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi juga adalah salah seorang guru utama dari KH Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah) – rahiimahullah – dan KH Hasyim Asy’ary (pendiri NU), rahiimahullah.

Juga janganlah lupakan, di masa kini, seorang putra Indonesia asli, Syaikh DR. Firanda Andirja – hafiidzahullah – yang telah cukup lama mengajar di Masjid Nabawi, hingga tahun 2016 lalu, sebelum beliau kembali ke tanah air. Semoga semakin banyak putra Indonesia berprestasi di tingkat dunia dalam hal peradaban keislaman yang luas, in syaa Allah, mewarisi teladan seluruh kaum Salafush Sholih (kaum Pendahulu Yang Salih), yakni 124.000 nabi sejak awal jaman. Khususnya ajaran dari Rosuululloh Muhammad, shollollohu ‘alaihi wasallam, dan generasi para Shahabah Nabi, para Tabi’iin, dan para Tabi’ut Tabi’iin, yang dijamin kebenaran dan kebaikannya oleh Allah Subhanahu Wa Ta’aala. Alhamdulillah, wa maa syaa Allah.

“Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti.” (QS. Al-Hujurat: Ayat 13)

“Wahai manusia! Sungguh, telah datang Rosul (Muhammad) kepadamu dengan (membawa) kebenaran dari Tuhanmu, maka berimanlah (kepadaNya), itu lebih baik bagimu. Dan jika kamu (memilih menjadi) kafir, (itu tidak merugikan Allah sedikit pun) karena sesungguhnya milik Allah lah apa-apa yang berada di langit dan di bumi. Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana.” (QS. An-Nisaa’: Ayat 170)

Alhamdulillah, wa maa syaa Allah. [Abu Taqi Mayestino]

– See more at: http://mozaik.inilah.com/read/detail/2363669/keturunan-banten-yang-menjadi-menteri-raja-salman#sthash.l3Mlkkum.dpuf

 

———————————————————————————————
Umrah resmi, Hemat, Bergaransi
(No MLM, No Money Game, No Waiting 1-2 years)
Kunjungi www.umrohumat.com
atau hubungi handphone/WA 08119303297