4 Hadis tentang Anjuran Berobat dengan Bekam

4 Hadis tentang Anjuran Berobat dengan Bekam

Bekam merupakan terapi alternatif yang berasal dari Timur Tengah. Terapi ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti sakit kepala, sakit punggung, dan masalah kulit. Berikut ini hadis tentang anjuran berobat dengan bekam.

Dalam KBBI bekam adalah mengeluarkan (memantik) darah dari badan orang (dengan menelungkupkan mangkuk yang diisi api pada kulit sehingga kulit menjadi bengkak, kemudian digores dengan benda tajam supaya darahnya keluar).

4 Hadis tentang Anjuran Berobat dengan Bekam

Metode berobat dengan menggunakan bekam sejatinya dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Terbukti dalam beberapa kitab hadis Rasulullah sering bahkan menganjurkan umatnya untuk berobat dengan bekam. Diantaranya adalah;

Pertama, Nabi menyuruh berbekam ketika sakit kepala.

3858 – عَنْ جَدَّتِهِ سَلْمَى خَادِمِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ: ” مَا كَانَ أَحَدٌ يَشْتَكِي إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: وَجَعًا فِي رَأْسِهِ إِلَّا قَالَ: احْتَجِمْ، وَلَا وَجَعًا فِي رِجْلَيْهِ، إِلَّا قَالَ اخْضِبْهُمَا “

“Dari salma, seorang pelayan rasulullah saw, ia berkata bahwa tidakkah seorang sahabat datang kepada Rasulullah Saw mengeluh sakit pada kepalanya kecuali beliau berkata, berbekamlah kamu! Tidak pula pada kedua kakinya kecuali beliau berkata, warnailah dengan pacar” [HR. Abi Daud]

Kedua, pesan malaikat kepada Nabi saat isra’ mi’raj untuk berbekam setiap kali tertimpa penyakit.

3479 – حَدَّثَنَا جُبَارَةُ بْنُ الْمُغَلِّسِ قَالَ: حَدَّثَنَا كَثِيرُ بْنُ سُلَيْمٍ قَالَ: سَمِعْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَا مَرَرْتُ لَيْلَةَ أُسْرِيَ بِي بِمَلَإٍ، إِلَّا قَالُوا: يَا مُحَمَّدُ، مُرْ أُمَّتَكَ بِالْحِجَامَةِ “

“Katir bin Sulaim berkata, aku mendengan Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, ketika aku sedang isra’ mi’raj serta bertemu dengan Malaikat, mereka selalu berpesan,  wahai Muhammad, perintahkanlah ummatmu dengan berbekam”HR. Ibnu Majah.

Ketiga, terapi bekam merupakan obat yang paling baik.

5683 – عَنْ عَاصِمِ بْنِ عُمَرَ ، قَالَ: سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: ” إِنْ كَانَ فِي شَيْءٍ مِنْ أَدْوِيَتِكُمْ – أَوْ: يَكُونُ فِي شَيْءٍ مِنْ أَدْوِيَتِكُمْ – خَيْرٌ، فَفِي شَرْطَةِ مِحْجَمٍ، أَوْ شَرْبَةِ عَسَلٍ، أَوْ لَذْعَةٍ بِنَارٍ تُوَافِقُ الدَّاءَ، وَمَا أُحِبُّ أَنْ أَكْتَوِيَ ”

“Ashim bin Umar mendengar dari Jabir bin Abdullah Ra bahwa Rasulullah Saw bersabda, jika ada sesuatu yang paling baik diantara obat-obatan kalian maka itu ada terdapat pada berbekam, minum madu, sengatan api panas yang ditempelkan ke tempat luka dan saya tidak menyukai Kay (terapi dengan menempelkan api panas ke tempat yang luka)”HR. al-Bukhari

62 – (1577) عَنْ حُمَيْدٍ، قَالَ: سُئِلَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ، عَنْ كَسْبِ الْحَجَّامِ؟ فَقَالَ: احْتَجَمَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، حَجَمَهُ أَبُو طَيْبَةَ، فَأَمَرَ لَهُ بِصَاعَيْنِ مِنْ طَعَامٍ، وَكَلَّمَ أَهْلَهُ، فَوَضَعُوا عَنْهُ مِنْ خَرَاجِهِ، وَقَالَ: «إِنَّ أَفْضَلَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجَامَةُ»، أَوْ «هُوَ مِنْ أَمْثَلِ دَوَائِكُمْ<<

“Humaid berkata, Anas bin Malik ditanya tentang profesi bekam. Lalu beliau berkata, Rasulullah Saw pernah dibekam oleh Abu Taibah. Lalu Rasulullah menyuruh seseorang untuk memberikan dua sha’ bahan makanan kepadanya.

Beliau memberitahu keluarganya dan menyarankan supaya meringankan beban hamba sahayanya. Kemudia beliau bersabda, sebaik-baik pengobatan adalah bekam dan terapi kayu gaharu”HR. Muslim

Demikian penjelasan tentang anjuran Nabi dalam hadis untuk melakukan terapi berobat dengan menggunakan bekam.

BINCANG SYARIAH