Renungan Sebelum Tidur

JAUHI kesedihan menjelang tidur agar tidur kita menjadi tidur yang berkualitas, tidur yang menyehatkan, tidur yang menyebarkan semangat. Bagaimana caranya? Buang kesedihan dengan meningkatkan pengharapan kepada Dzat Yang Maha Mewujudkan Harap.

Coba ikuti kata para ulama berikut ini: “”Janganlah terlalu berputus asa saat engkau kehilangan sesuatu yang indah, karena kadangkala sesuatu yang indah itu harus pergi dulu untuk bisanya hadir sesuatu yang lebih indah.”

Adakah sesuatu yang indah yang terlepas hari ini? Bayangkan saja sesuatu yang lebih indah akan hadir besok pagi, besok siang atau besok malam atau bahkan besok-besok yang waktunya yang tepat menjadi rahasia Allah. Anda tak kehilangan apapun? Syukurilah ketika nikmat itu masih bersamamu. Lalu dimanakah letak keluhan? Tak ada tempat baginya, tempat hanya untuk syukur dan sabar.

Tersenyumlah, letakkan kepala di bantal yang tepat dan dengan cara yang tepat. Yakinkan bahwa tubuh Anda sudah sampai duluan ke kasur sebelum kepala Anda. Bacalah doa dan terpejamlah. Sampai jumpa esok. Salam, AIM. [*]

 

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi

MOZAIK