Hikmah dari Nabi Muhammad tentang Hambatan Pelaksanaan Haji

Hikmah dari Nabi Muhammad tentang Hambatan Pelaksanaan Haji

Pasti sangat sulit bagi jutaan Muslim dari seluruh dunia tidak dapat melakukan umroh pertama di bulan Ramadhan. Sekarang adalah musim haji. Sangat disayangkan tidak semua orang bisa melaksanakannya.

Sebagian besar Muslim menjalani seluruh hidup mereka untuk pengalaman mengunjungi Makkah dan Madinah terutama sebagai peziarah haji. Ini adalah impian terbesar mereka untuk berjalan di jejak para Nabi dan jejak generasi yang paling teladan dari Islam.

Hal tersebut menandakan klimaks dari perjalanan spiritual seorang Muslim. Ini adalah kesimpulan dari semua keinginan spiritual dan tujuan akhir di mana semua tujuan lainnya mengarah dan akhirnya berhenti dan merupakan momen kebenaran.

Tak heran jika untuk tabungan haji orang-orang menyisihkan uang sejak muda. Mereka juga secara bertahap, tetapi terus-menerus mempersiapkan untuk saat ini, baik secara spiritual maupun mental.

Haji adalah investasi dunia lain yang hasilnya juga luar biasa. Tak seorang pun kembali dari haji kecewa, tidak yakin, dan harapannya tidak terpenuhi. Tidak ada cara yang lebih baik untuk pemenuhan diri selain haji.

Haji adalah pengalaman yang mengubah hidup. Ini adalah revolusi spiritual. Setelah haji, tidak ada kehidupan yang sama lagi. Seseorang harus melihat dan mengalaminya untuk mempercayainya.

Oleh karena itu, Rasulullah SAW menegaskan bahwa: “Setelah haji yang diterima, maka ia akan kembali dalam keadaan bersih dari dosa sebagaimana pada hari ketika ibunya melahirkannya; bahwa haji yang diterima tidak membawa pahala kecuali surga.” (HR. Al-Bukhari; Muslim)

“Haji yang diterima menghilangkan kemiskinan dan dosa sebagaimana hembusan menghilangkan kotoran besi, emas dan perak.” (HR. Al-Tirmidzi).

Secara harfiah, haji berarti “ziarah” atau “perjalanan ke tempat tujuan yang tetap”. Hal ini berasal dari kata kerja hajja, yang berarti “perjalanan” dan “pergi ke”.

Kata kerja hajja juga berarti “berniat”, “bertujuan” dan “berusaha untuk (qasd)”. Berasal dari akar kata yang sama adalah kata benda hijjah dan hujjah, yang masing-masing berarti “tahun” dan “bukti yang sah”.

Oleh karena itu, haji adalah ziarah (perjalanan spiritual) ke kota suci Makkah: Ka’bahnya, al-Masjid al-Haram dan tempat-tempat suci lainnya. Ini adalah peristiwa yang sangat menantang yang dilakukan setahun sekali (hijjah).

Pengalaman Nabi SAW 

Nabi Muhammad SAW lahir di Makkah. Selama 13 tahun pertama misi kenabiannya berlangsung di sana, tepat di sekitar Ka’bah dan Masjidil Haram.

Namun, sejak ia menyatakan misinya, Nabi Muhammad SAW tidak pernah ditinggalkan sendirian dan dalam damai. Sejumlah besar orang sebangsanya dan bahkan kerabatnya menolaknya. Mereka tidak pernah berusaha menjatuhkannya, membuat tahun-tahun itu menjadi yang tersulit dalam hidupnya.

Masjidil Haram, yang saat itu menampung sekitar 360 berhala, menjadi fokus utama perhatian mereka. Bisa dibayangkan betapa mengerikannya bagi Nabi Muhammad untuk melihat lawan-lawannya dan penentang kebenaran mengendalikan dan menggurui Masjidil Haram.

Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya terhalang untuk memanfaatkan Masjidil Haram dengan benar. Masjid itu ada di sana, tetapi bentuknya berubah dan kabur. Tujuan dan fungsi bawaannya melemah hingga tak bisa dikenali lagi.

Hambatan tersebut bervariasi dari fisik hingga psikologis, dan dari kepahitan batin dan protes verbal hingga operasi terkoordinasi dan kekerasan fisik. Ketika perlakuan buruk mencapai titik puncaknya, dan hubungan antara kedua belah pihak melampaui titik tidak bisa kembali, meninggalkan Makkah dan Masjidil Haram untuk hijrah ke Madinah terjadi selanjutnya. Itu adalah eskalasi peristiwa yang disayangkan dan menyedihkan.

Sulit untuk mengatakan keadaan mana yang lebih memilukan: untuk terus tinggal di Makkah dan di sebelah Masjidil Haram, tetapi mengalami kekejaman dan pelecehan, atau untuk melarikan diri dan hidup bebas, tetapi jauh dari tanah terbaik di bumi dan masjid sucinya.

Nabi Muhammad SAW merangkum sentimen ini ketika dia mengatakan tentang Makkah setelah meninggalkannya: “Kamu adalah tanah yang paling dicintai Allah, dan kamu adalah tanah yang paling aku cintai. Seandainya orang-orang musyrik tidak memaksa saya keluar dari Anda, saya tidak akan pernah keluar dan meninggalkan Anda.” (HR. Al-Tirmidzi; Ahmad; Ibn Hibban).

IHRAM