Kesempurnaan dan Kemudahan dalam Dinul Islam

Kesempurnaan dan Kemudahan dalam Dinul Islam

Dengan  adanya  kemudahan  dalam  syariat,  Allah  SwT  menginginkan  agar  kaum  muslimin  tidak  meninggalkan  satu  perintah  atau  melanggar  satu  larangan  pun 

ISLAM  merupakan  agama  samawi  terakhir  yang  Allah  turunkan  ke  muka  bumi.  Nabi  Muhammad  ﷺ  sebagai  rasul  yang  membawanya  pun  adalah  rasul  terakhir  yang  Allah  utus  bagi  segenap  umat  manusia. 

Sebelum  di  turunkannya  Islam  dan  diutusnya  Nabi  Muhammad  ﷺ  telah  ada  dua  agama  samawi  yang  mendahuluinya.  Pertama  adalah  agama  yang  dibawa  oleh  Nabi  Musa  AS,  dan  yang  kedua  adalah  agama  yang  dibawa  oleh  Nabi  Isa  AS.

وَيُعَلِّمُهُ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْحِكْمَةَ وَٱلتَّوْرَىٰةَ وَٱلْإِنجِيلَ

وَرَسُولًا إِلَىٰ بَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ أَنِّى قَدْ جِئْتُكُم بِـَٔايَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ ۖ أَنِّىٓ أَخْلُقُ لَكُم مِّنَ ٱلطِّينِ كَهَيْـَٔةِ ٱلطَّيْرِ فَأَنفُخُ فِيهِ فَيَكُونُ طَيْرًۢا بِإِذْنِ ٱللَّهِ ۖ وَأُبْرِئُ ٱلْأَكْمَهَ وَٱلْأَبْرَصَ وَأُحْىِ ٱلْمَوْتَىٰ بِإِذْنِ ٱللَّهِ ۖ وَأُنَبِّئُكُم بِمَا تَأْكُلُونَ وَمَا تَدَّخِرُونَ فِى بُيُوتِكُمْ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لَّكُمْ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

“Dan  Dia  (Allah)  megajarkan  kepadanya  (Isa)  Kitab,  Hikmah,  Taurat,  dan  Injil.  Dan  sebagai  Rasul  kepada  Bani  Israil  (dia  berkata),  “Aku  telah  datang  kepada  kamu  dengan  sebuah  tanda  (mukjizat)  dari  Tuhanmu,  yaitu  aku  membuatkan  bagimu  (sesuatu)  dari  tanah  berbentuk  seperti  burung,  lalu  aku  meniupnya,  maka  ia  menjadi  seekor  burung  dengan  izin  Allah.  Dan  aku  menyembuhkan  orang  yang  buta  sejak  sejak  dari  lahir  dan  orang  yang  berpenyakit  kusta.  Dan  aku  menghidupkan  orang  mati  dengan  izin  Allah,  dan  aku  beritahukan  kepadamu  apa  yang  kamu  makan  dan  apa  yang  kamu  simpan  di  rumahmu.  Sesungguhnya  pada  yang  demikian  itu  terdapat  suatu  tanda  (kebenaran  kerasulanku)  bagimu,  jika  kamu  orang  beriman.”  (QS: Ali-Imran  [3]:  48-49)

Selain  menurunkan  dua  agama  samawi  melalui  utusa-Nya  Musa  dan  Isa,  Allah  SwT  juga  mengutus  rasul-rasul-Nya  secara  silih  berganti  sepanjang  sejarah  dengan  membawa  ajaran  tauhid  untuk  disampaikan  kepada  umatnya  masing-masing.

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ رَّسُولٌ ۖ فَإِذَا جَآءَ رَسُولُهُمْ قُضِىَ بَيْنَهُم بِٱلْقِسْطِ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

“Dan  setiap  umat  (mempunyai)  rasul.  Maka  apabila  rasul  mereka  telah  datang,  diberlakukanlah  hukum  bagi  mereka  dengan  adil  dan  (sedikit  pun)  tidak  dizalimi.”  (QS:Yunus  [10]:  47).

Al-Qur’an  mengisahkan  dua  puluh  lima  nabi  dan  rasul.  Masing-masing  dari  mereka  diutus  kepada  umatnya:  Nabi  Nuh  diutus  kepada  Bani  Rasib  (Al-A’raf  [7]:  59). 

Nabi  Hud  dan  Shalih  diutus  kepada  kaum  Tsamud  (Al-A’raf  [7]:  73),  Nabi  Syuaib  diutus  kepada  kaum  Madyan  (Al-A’raf  [7]:  85),  dan  seterusnya  sampai  kepada  Nabi  Muhammad  ﷺ  diutus  untuk  seluruh  umat  manusia  hingga  akhir  zaman.

وَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ إِلَّا كَآفَّةً لِّلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

“Dan  Kami  tidak  mengutus  engkau  (Muhammad),  melainkan  kepada  semua  umat  manusia  sebagai  pembawa  berita  gembira  dan  sebagai  pemberi  peringatan,  tetapi  kebanyakan  manusia  tidak  mengetahui.”  (QS: Saba’  [34]:  28).

Islam  adalah  agama  termuda  diantara  agama-agama  samawi  sebelumnya.  Sebagai  agama  samawi  terakhir  kedatangannya  membawa  konsekwensi  berupa  kesempurnaan  dan  kelengkapan  ajarannya  bila  dibandingkan  dengan  dua  agama  pendahulunya.

اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ

“Pada  hari  ini  telah  Aku  sempurnakan  agamamu  untukmu,  dan  telah  Aku  cukupkan  nikmat-Ku  bagimu,  dan  telah  Aku  ridhai  Islam  sebagai  agamamu.”  (QS: Al-Maidah  [5]:  3)

Kenikmatan  terbesar  yang  Allah  SwT  anugerahkan  kepada  umat  ini  adalah  disempurnakannya  agama  Islam.  Allah  SwT  telah  menyempurnakan  agama  kaum  muslimin  sehingga  mereka  tidak  membutuhkan  agama  dan  nabi  yang  lain. 

Oleh  karena  itu,  Allah  SwT  menjadikan  Nabi  Muhammad  ﷺ  sebagai  penutup  para  nabi  dan  rasul  yang  diutus  kepada  seluruh  umat  manusia  dan  jin.  Maka,  tidaklah  ada  sesuatu  yang  halal  kecuali  yang  Allah  halalkan  melalui  lisannya,  tidaklah  ada  sesuatu  yang  haram  kecuali  yang  telah  Allah  haramkan  melaui  lisannya.

Sebagai  agama  yang  sempurna  dan  paripurna  sudah  menjadi  ketentuan  Ilahiah  jika  seluruh  rangkaian  syariat  dan  ajaran  Islam  sejalan  dengan  fithrah  penciptaan  manusia.  Allah  SwT  telah  menjamin  hal  ini  dalam  Firman-Nya,

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا ۚ فِطْرَتَ ٱللَّهِ ٱلَّتِى فَطَرَ ٱلنَّاسَ عَلَيْهَا ۚ لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ ٱللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

“Maka  hadapkanlah  wajahmu  dengan  lurus  kepada  agama  (Islam);  (sesuai)  fithrah  Allah  disebabkan  Dia  telah  menciptakan  manusia  menurut  (fithrah)  itu.  Tidak  ada  perubahan  pada  ciptaan  Allah.  (Itulah)  agama  yang  lurus,  tetapi  kebanyakan  manusia  tidak  mengetahui.”  (QS: Ar-Rum  [30]:  30)

Fithrah  adalah  nurani  manusia.  Fithrah  telah  ada  jauh  sebelum  manusia  dilahirkan  ke  dunia.  Ketika  semua  janin  ditiupkan  roh  kepadanya  ditanya  oleh  Allah  SwT,  sebagaimana  terekam  dalam  Firman-Nya,

وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنۢ بَنِىٓ ءَادَمَ مِن ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا۟ بَلَىٰ ۛ شَهِدْنَآ ۛ أَن تَقُولُوا۟ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَٰذَا غَٰفِلِينَ

“Dan  (ingatlah)  ketika  Tuhanmu  mengeluarkan  dari  sulbi  (tulang  belakang)  anak  cucu  Adam  keturunan  mereka  dan  Allah  mengambil  kesaksian  terhadap  roh  mereka  (seraya  berfirman),  “Bukankah  Aku  ini  Tuhanmu?”  Mereka  menjawab,  “Betul  (Engkau  Tuhan  kami),  kami  bersaksi.”  (Kami  lakukan  yang  demikian  itu)  agar  di  hari  Kiamat  kamu  tidak  mengatakan,  “Sesungguhnya  ketika  itu  kami  lengah  terhadap  ini.”  (QS: Al-A’raf  [7]:  172)

Allah  SwT  menciptakan  manusia  dengan  fithrah  bertuhan,  maka  hati  manusia  akan  merasa  nyaman  jika  kepadanya  disematkan  predikat  “hamba  Allah”.  Sebaliknya,  ia  akan  merasa  resah,  gelisah,  bahkan  marah  jika  dikatakan  sebagai  “hamba  dunia”. 

Ini  semua  merupakan  bukti  bahwa  pada  dasarnya  manusia  memiliki  fithrah  bertuhan.  Dalam  hal  ini  Islam  adalah  satu-satunya  agama  yang  senantiasa  selaras  dengan  fithrah  manusia. 

Hal  ini  sebagaimana  dituturkan  Al-Qur’an,  bahwa  esensi  penciptaan  jin  dan  manusia  adalah  untuk  menghamba  kepada  Allah SwT.

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

 “Aku  tidak  menciptakan  jin  dan  manusia  melainkan  agar  mereka  beribadah  kepada-Ku.”  (QS: Adz-Dzariyat  [51]:  56)

Namun  fithrah  bertuhan  yang  ada  pada  diri  manusia  tersebut  barulah  merupakan  potensi  dasar  yang  harus  terus  menerus  dipelihara  dan  dikembangkan. 

Apabila  fithrah  tersebut  tertutupi  oleh  faktor-faktor  dari  luar  nuraninya,  manusia  akan  berlari  dan  menentang  fithrahnya  sendiri.  Tetapi  bila  dihadapkan  pada  persoalan-persoalan  kehidupan  yang  rumit  dan  dia  sudah  kehilangan  daya  untuk  menghadapinya,  barulah  secara  sepontan  fithrah  tersebut  kembali  muncul.

وَإِذَا مَسَّ ٱلْإِنسَٰنَ ٱلضُّرُّ دَعَانَا لِجَنۢبِهِۦٓ أَوْ قَاعِدًا أَوْ قَآئِمًا فَلَمَّا كَشَفْنَا عَنْهُ ضُرَّهُۥ مَرَّ كَأَن لَّمْ يَدْعُنَآ إِلَىٰ ضُرٍّ مَّسَّهُۥ ۚ كَذَٰلِكَ زُيِّنَ لِلْمُسْرِفِينَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

“Dan  apabila  manusia  ditimpa  bahaya  dia  berdoa  kepada  Kami  dalam  keadaan  berbaring,  duduk  atau  berdiri,  tetapi  setelah  Kami  hilangkan  bahaya  itu  darinya,  dia  kembali  (ke  jalan  yang  sesat),  seolah-olah  tidak  pernah  berdoa  kepada  Kami  untuk  (menghilangkan)  bahaya  yang  telah  menimpanya.  Demikianlah  dijadikan  terasa  indah  bagi  orang-orang  yang  melampaui  batas  apa  yang  mereka  kerjakan.”  (QS: Yunus  [10]:  12)

Selain  berhubungan  dengan  keimanan,  fithrah  manusia  juga  berkolerasi  dengan  segala  sesuatu  yang  menyangkut  cara  manusia  menjalani  kehidupannya  dengan  berpatokan  pada  pedoman  hidup  yang  telah  ditetapkan  Allah  SwT. 

Apa  yang  menurut  fithrah  manusia  itu  baik  Allah  pasti  memerintahkannya.  Sebaliknya  apa  yang  menurut  fithrah  manusia  itu  buruk  maka  Allah  dengan  tegas  pasti  melarangnya. 

Manusia  memiliki  fithrah  menyukai  keindahan.  Islam  pun  mengajarkan  kepada  pemeluknya  untuk  senantiasa  keindahan,  kebersihan  dan  kerapian.

إن الله طيب يحب الطيب نظيف يحب النظافة

“Sesungguhnya Allah itu baik, mencintai kebaikan. Bersih mencintai kebersihan.”  (dikeluarkan oleh Tirmizi dalam Sunannya, 2799. Abu Ya’la dalam Musnadnya, 791. Bazzar dalam Musnadnya, 1114 dari jalan Abu ‘Amir Al-Aqdi)

Kemudahan Berislam

Sebagai  agama  yang  selaras  dengan  fithrah,  Islam  sangat  memahami  kemampuan  manusia  dalam  menunaikan  ajaran-ajaran  agama.  Allah  SwT  telah  menjamin  bahwa  Dia  tidak  akan  membebani  manusia  di  luar  kemampuannya.  Karena  itu  secara  kodrati,  pada  dasarnya  manusia  mampu  menjalankan  syariat  Islam  dengan  bekal  yang  dianugerahkan  Allah  SwT.

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ

 “Allah  tidak  membebani  seseorang  melainkan  sesuai  dengan  kesanggupannya.  Dia  mendapat  (pahala)  dari  kebajikan  yang  dikerjakannya  dan  dia  mendapat  (siksa)  dari  (kejahatan)  yang  diperbuatnya..”.(QS: Al-Baqarah  [2]:  286)

Salah  satu  dari  kelemah  lembutan  dan  kasih  sayang  Allah  SwT  kepada  manusia  adalah  tidak  membebani  seorang  pun  melainkan  sebatas  kemampuannya. 

Ketika  seorang  hamba  tidak  sanggup  menunaikan  suatu  tanggung  jawab  yang  dibebankan  oleh  Allah  melalui  syariat-Nya,  hamba  tersebut  dapat  mencari  jalan  keluar  dengan  menilik  kemudahan  yang  Allah  SwT  sediakan  dibalik  syariat  tersebut  sesuai  dengan  ketentuan  yang  telah  digariskan.

Islam  telah  mewajibkan  shalat  lima  waktu  dalam  sehari  semalam.  Penetapan  lima  waktu  ini  sudah  diukur  dengan  kemampuan  manusia  untuk  melaksanakannya.

Adapun  dalam  kondisi  dimana  seseorang  tidak  mampu  menunaikan  shalat  dengan  berdiri  karena  sakit  Allah  SwT  telah  memaklumkan  melaksanakannya  dengan  cara  yang  lain  yang  sudah  ditentukan. 

Demikian  juga  dalam  kondisi  sakit  yang  menghalangi  seseorang  dari  prnggunaan  air  sehingga  ia  tidak  dapat  berwudhu,  maka  dipersilahkan  bersuci  dengan  cara  lain  yang  sudah  diatur  di  dalam  syariat.

Allah  SwT  menghendaki  kemudahan  bagi  hamba-hamba-Nya  dalam  melaksanakan  ibadah  dan  menjalani  kehidupannya.  Allah  SwT  tidak  menginginkan  hambanya  mengalami  kesulitan  ketika  menjalankan  syariat-Nya,  karena  syariat  bukanlah  untuk  mempersulit  manusia  melainkan  untuk  mempermudah  manusia.

يُرِيدُ ٱللَّهُ أَن يُخَفِّفَ عَنكُمْ ۚ وَخُلِقَ ٱلْإِنسَٰنُ ضَعِيفًا

“Allah  hendak  memberikan  keringanan  kepadamu,  karena  manusia  diciptakan  (bersifat)  lemah.”  (QS: An-Nisa  [4]:  28)

Dengan  adanya  kemudahan  dalam  syariat,  agama  yang  telah  Allah  SwT  sempurnakan  ini  menginginkan  agar  kaum  muslimin  tidak  meninggalkan  satu  perintah  pun  atau  melanggar  satu  larangan  pun  sebab  segalanya  telah  Allah  SwT  mudahkan. 

Dengan  adanya  kemudahan  ini  pula,  Islam  ingin  menegaskan  kepada  seluruh  umat  manusia  tentang  sifat  dasarnya  sebagai  ajaran  yang  luwes  dan  mudah  diterapkan  oleh  manusia,  sebab  Islam  sangat  menghargai  fithrah  manusia  dan  jauh  dari  kekakuan  serta  kesulitan. Wallahu  A’lam.*/ Suko  Wahyudi

HIDAYATULLAH