Memanfaatkan dan Membelanjakan Harta di Jalan Allah

Memanfaatkan dan Membelanjakan Harta di Jalan Allah

Harta  seseorang akan  beralih setelah pemiliknya mati. Hanya yang  ia  belanjakan  di  jalan  Allah  itulah  miliknya  yang akan “hidup”  sesudah  kematiannya, begitulah membelanjakan harta di Jalan Allah 

Hidayatullah.com | HARTA  adalah  kebutuhan  pokok  dalam  kehidupan  dunia yang  merupakan saraf  kehidupan.  Tidak  ada  seorang  manusia  yang  dapat  lepas  dari  harta, tapi bagaimana agar bisa membelanjakan harta di Jalan Allah? 

***

Harta  adalah  kebutuhan  primer  bagi  manusia  di  sepanjang  zaman.  Allah  SwT  menjadikan  harta  sebagai  salah  satu  dari  dua  perhiasan  dalam  kehidupan  dunia  ini.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَاۤءِ وَالْبَنِيْنَ وَالْقَنَاطِيْرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْاَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَاللّٰهُ عِنْدَهٗ حُسْنُ الْمَاٰبِ (١٤)

Dijadikan  indah  bagi  manusia  kecintaan  kepada  apa-apa  yang  diingini,  yaitu:  wanita-wanita,  anak-anak,  harta  yang  banyak  dari  jenis  emas,   perak,  kuda-kuda  pilihan,  binatang-binatang  ternak  dan  sawah  lading.  Itulah  kesenangan  hidup  di  dunia.  Di  sisi  Allah  lah  tempat  kembali  yang  baik.”  (Ali-Imran  [3]:  14).

Harta  adalah  perhiasan  hidup  di  dunia  yang  disukai  oleh  seluruh  manusia  dan  mereka  berusaha  memilikinya  dengan  berbagai  cara.  Harta  secara  terminologi  bahasa  Arab  disebut  Al-Mal  yang  berarti  condong,  cenderung,  dan  miring. 

Oleh  sebab  itu  manusia  itu  cenderung  ingin  memiliki  dan  menguasai  harta.  Sedangkan  menurut  pengertian  etimologi  adalah  sesuatu  yang  dibutuhkan  dan  diperoleh  manusia,  baik  berupa  benda  yang  tampak  seperti  emas,  perak,  binatang,  tumbuh-tumbuhan,  maupun  manfaat  dari  barang  seperti  kendaraan,  pakaian, dan  tempat  tinggal.

Islam  telah  menetapkan  penghormatan  dan  perlindungan  terhadap  harta.  Rasulullah  SaW  telah  melarang  untuk  menyia-nyiakan  harta.  Islam  memandang  harta  sebagai  salah  satu  pilar  utama  dalam  kehidupan  di  dunia  dan  sarana  penghidupan  manusia. 

Islam  tidak  memandang  rendah  terhadap  harta  sebagai  sesuatu  yang  mungkar  atau  haram,  dan  juga  tidak  memujinya  secara  berlebihan.  Islam  memandang  harta  hanya  sebagai  sarana  saja. 

Jika  harta digunakan  secara  baik  maka  akan  menjadi  kebaikan,  dan  jika  digunakan  untuk  kejelekan  maka  menjadi  jelek.

فَاَمَّا مَنْ اَعْطٰى وَاتَّقٰىۙ (٥)  وَصَدَّقَ بِالْحُسْنٰىۙ – ٦فَسَنُيَسِّرُهٗ لِلْيُسْرٰىۗ (٧)  وَاَمَّا مَنْۢ بَخِلَ وَاسْتَغْنٰىۙ (٨) وَكَذَّبَ بِالْحُسْنٰىۙ (٩)  فَسَنُيَسِّرُهٗ لِلْعُسْرٰىۗ (١٠)  وَمَا يُغْنِيْ عَنْهُ مَالُهٗٓ اِذَا تَرَدّٰىٓۙ (١١)

Adapun  orang  yang  memberikan  (hartanya  di  jalan  Allah)  dan  bertakwa,  dan  membenarkan  adanya  pahala  yang  terbaik  (surga),  maka  Kami  kelak  akan  menyiapkan  baginya  jalan  yang  mudah.  Dan  adapun  orang-orang  yang  bakhil  dan  merasa  dirinya  cukup,  serta  mendustakan  pahala  yang  terbaik,  maka  kelak  Kami  akan  menyiapkan  baginya  (jalan)  yang  sukar.  Dan  hartanya  tidak  bermanfaat  baginya  apabila  telah  binasa.”  (QS: Al-Lail  [92]:  5-11)

Harta  bukanlah  tujuan,  akan  tetapi  merupakan  sarana  untuk  menukar  kemanfaatan  dan  memenuhi  kebutuhan.  Maka  barangsiapa  yang  menggunakannya  pada  jalan  ini,  harta  yang  dia  miliki  akan  membawa  kebaikan  baginya  dan  bagi  masyarakat. 

Dan  barangsiapa  yang  menjadikannya  sebagai  tujuan  dan  kenikmatan,  maka  akan  memalingkannya  kepada  syahwat  yang  dapat  membawa  pemiliknya  kepada  kerusakan-kerusakan  dan  memberikan  peluang  kepada  manusia  jalan  kesesatan.

Imam  Ghazali  mengatakan,  “Harta  bagaikan  ular  yang  mempunyai  racun  dan  penangkal,  faedahnya  terdapat  pada  penangkalnya  dan  bahayanya  terdapat  pada  racunnya,  maka  barangsiapa  yang  mengetahui  bahaya  dan  faedahnya,  ia  akan  dapat  mencegah  kejelekannya,  dan  mengambil  manfaat  dari  kebaikannya.”

Harta  merupakan  perhiasan  dunia,  Islam  tidak  menghinakan  harta  sehingga  melepaskannya  dari  tangan-tangan  umat  Islam,  dan  juga  tidak  mengagungkannya  sehingga  menjadi  dambaan  umat  Islam. 

Harta akan  bisa dijadikan sebagai  sarana  untuk  mencapai  kebajikan  jika  pemiliknya menginginkan  kebaikan  darinya.  Allah  SwT  menginginkan  agar  seorang  muslim  menjadi  pekerja  yang  profesional  dan  baik  dalam  memanfaatkan  dan membelanjakan harta,  sehingga  harta  yang  berada  dalam  genggamannya  dapat  digunakan  sebagai  sarana  beribadah  kepada  Allah  SwT.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُلْهِكُمْ اَمْوَالُكُمْ وَلَآ اَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللّٰهِ ۚوَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْخٰسِرُوْنَ (٩)

“Wahai  orang-orang  yang  beriman,  janganlah  harta-harta  kalian  dan  anak-anak  kalian  sampai  melalaikan  kalian  dari  mengingat  Allah.  Barangsiapa  berbuat  demikian,  maka  mereka  adalah  orang-orang  yang  merugi.”  (Al-Munafiqun  [63]:  9)

إِنَّ هَذَا الْمَالَ خَضِرَةٌ حُلْوَةٌ ، فَمَنْ أَخَذَهُ بِسَخَاوَةِ نَفْسٍ بُورِكَ لَهُ فِيهِ ، وَمَنْ أَخَذَهُ بِإِشْرَافِ نَفْسٍ لَمْ يُبَارَكْ لَهُ فِيهِ كَالَّذِى يَأْكُلُ وَلاَ يَشْبَعُ

Sesungguhnya  harta  ini  indah  dan  manis.  Barangsiapa  mengambilnya  dengan  benar,  dan  meletakkannya  dengan  benar,  maka  dia  sebaik-baik  penolong.  Barangsiapa  mengambilnya  dengan  cara  yang  tidak  benar,  maka  bagaikan  orang  makan  tapi  tidak  kenyang.  (HR.  Bukhari)

Sarana bukan Tujuan

Harta  adalah  sarana  bukan  tujuan,  agar  harta  yang  diperoleh  membawa  keberkahan. Karena itu,  hendaknya  seseorang mencarinya dengan  jalan  yang  halal,  tidak  menahan  orang  berhak  untuk  menerimanya,  tidak  sombong  dan  tidak  berfoya-foya.

Karena menyadari  akan  keagungan  karunia  Allah  yang  diberikan  berupa  harta,  maka, menggunakannya  hahrus dengan  cara  sederhana  dan  seimbang,  tidak  berlebihan  dan  berbuat  kerusakan  dengan  harta  yang  dimiliki. 

Jika  seseorang  keluar  dari  ketentuan  tersebut  maka  ia  akan  mendapatkan  akibat  yang  buruk,  sebagaimana  yang  menimpa  Qarun  dengan  harta  kekayaannya.

Qarun  memiliki  harta  yang  melimpah,  hingga  kunci-kuncinya  tidak  kuat  dibawa  oleh  para  algojo-algojo  yang  kuat.  Harta  kekayaannya  ini  telah  menjadikannya  seorang  yang  memiliki  kedudukan  yang  kuat  dalam  masyarakat. 

Tidak  ada  yang  menyalahkan  dengan  hartanya  itu.  Ia  hanya  diharapkan  agar  mengerti  dan  menyadari  dari  mana  sumber  harta  itu. 

Dan  hendaknya  harta  dan  amalnya  dipersiapkan  untuk  kehidupan  akhirat,  dengan  tetap  menikmatinya  dalam  kehidupan  dunia  secara  sewajarnya.  Akan  tetapi  Qarun  memilih  jalan  kemewahan,  berfoya-foya,  sombong  kepada  Manusia  dan  mengingkari  nikmat  harta  yang  datang  dari  Allah  SwT. 

Dengan  sangat  angkuh  ia  mengatakan  bahwa  harta  yang  dimiliknya  merupakan  hasil  dari  ilmu  yang  di  miliki  dan  usaha  yang  dilakukannya.

قَالَ اِنَّمَآ اُوْتِيْتُهٗ عَلٰى عِلْمٍ عِنْدِيْۗ اَوَلَمْ يَعْلَمْ اَنَّ اللّٰهَ قَدْ اَهْلَكَ مِنْ قَبْلِهٖ مِنَ الْقُرُوْنِ مَنْ هُوَ اَشَدُّ مِنْهُ قُوَّةً وَّاَكْثَرُ جَمْعًا ۗوَلَا يُسْـَٔلُ عَنْ ذُنُوْبِهِمُ الْمُجْرِمُوْنَ (٧٨)

“Dia  (Qarun)  berkata,  “Sesungguhnya  aku  diberi  (harta  itu),  semata-mata  karena  ilmu  yang  ada  padaku.”  Tidakkah  dia  tahu,  bahwa  Allah  telah  membinasakan  umat-umat  sebelumnya  yang  lebih  kuat  daripadanya,  dan  lebih  banyak  mengumpulkan  harta?  Dan  orang-orang  yang  berdosa  itu  tidak  perlu  ditanya  tentang  dosa-dosa  mereka.”  (Al-Qashash  [28]:  78)

Kata-kata  Qarun  adalah  kalimat  tipu  daya  yang  menganggap  bahwa  sebab  dan  sarana  yang  nampak  itulah  sebab  dari  segala  sesuatu,  yang  akan  menentukan  hasil  dari  segala  sesuatu  tanpa  adanya  campur  tangan  faktor  yang  lain. 

Lalu  bagaimana  nasib  Qarun?  Suatu  hari  ia  keluar  di  muka  kaumnya  dengan  kendaraan  yang  besar  dan  perhiasan  yang  banyak,  sambil  membanggakan  pada  kaumnya. 

Maka  Allah  SwT  membenamkan  dirinya,  harta  dan  rumahnya  ke  dalam  bumi.  Sungguh  sebuah  akhir  yang  buruk  yang  patut  diteladani  oleh  orang-orang  yang  berakal.

فَخَسَفْنَا بِهٖ وَبِدَارِهِ الْاَرْضَ ۗفَمَا كَانَ لَهٗ مِنْ فِئَةٍ يَّنْصُرُوْنَهٗ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۖوَمَا كَانَ مِنَ الْمُنْتَصِرِيْنَ (٨١)  وَاَصْبَحَ الَّذِيْنَ تَمَنَّوْا مَكَانَهٗ بِالْاَمْسِ يَقُوْلُوْنَ وَيْكَاَنَّ اللّٰهَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُۚ لَوْلَآ اَنْ مَّنَّ اللّٰهُ عَلَيْنَا لَخَسَفَ بِنَا ۗوَيْكَاَنَّهٗ لَا يُفْلِحُ الْكٰفِرُوْنَ  (٨٢)

“Kami  benamkan  Qarun  dan  istananya  ke  bumi.  Tidak  ada  baginya  sekelompok  orang  yang  menolongnya  selain  Allah.  Dia  tidak  termasuk  orang-orang  yang  tertolong.  Orang-orang  yang  kemarin  mengharap  posisi  Qarun  jadi  berkata,  “Demikianlah  Allah  memperluas  rezeki  orang  yang  Ia  kehendaki  dan  mempersempitnya.  Andaikata  tidak  karena  anugerah  Allah  kepada  kita,  maka  kita  akan  tenggelam.  Demikianlah,  tidak  akan  beruntung  orang-orang  yang  kufur.”  (QS: Al-Qashash  [28[:  81-82)

Orang  yang  memiliki  harta  tidak  selamanya  beruntung,  bahagia  dan  selamat  dari  problem  kehidupan.  Bahkan  orang  berharta  seringkali  menghadapi  fitnah  dan  cobaan  dalam  hidupnya. 

Orang  yang  memiliki  harta  diuji  apakah  ia  bersyukur  atau  kufur  akan  nikmat  Allah  SwT.  Harta  adalah  ujian  bagi  orang  yang  memilikinya  secara  berlebihan. 

Manusia  apabila  tidak  mendapatkan  rahmat  Allah  sehingga  berbuat  ibadah  dan  taat  kepada-Nya,  maka  ia  akan  sibuk  dengan  hartanya  dan  melupakan  ibadah.  Harta  membuat  orang  buruk  perangai,  sombong,  dan  membanggakan  dirinya  di  hadapan  manusia  lainnya.

وَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَآ اَمْوَالُكُمْ وَاَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ عِنْدَهٗٓ اَجْرٌ عَظِيْمٌ  (٢٨)

“Ketahuilah!  Sesungguhnya  harta-harta  kalian  dan  anak-anak  kalian  adalah  ujian,  dan  sesungguhnya  Allah  memiliki  pahala  yang  besar.  (Al-Anfal  [8]:  28)

Harta  adalah  ujian  dari  Allah  SwT  dan  tidak  sepantasnya  seorang  muslim  memandang  harta  seperti  halnya  Qarun  memandang  harta.  Seluruh  harta  yang  dimiliki  manusia  adalah  milik   Allah  SwT. 

Penguasa  sejati  harta  adalah  Allah  bukan  manusia.  Harta  hanyalah  titipan  dari  Allah  untuk  menguji  hamba-hamba-Nya  yang  sewaktu-waktu  akan  diambil. 

Manusia  adalah  pengganti  dan  wakil  Allah  SwT  dalam  menggunakan  harta  di  dunia.  Manusia  tidak  sepantasnya  menggunakan  harta  kecuali  sesuai  yang  diridhai  Allah  SwT.  Rasulullah  ﷺ pernah bersabda,

ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪُ ﻣَﺎﻟِﻰ ﻣَﺎﻟِﻰ ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻟَﻪُ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﻟِﻪِ ﺛَﻼَﺙٌ ﻣَﺎ ﺃَﻛَﻞَ ﻓَﺄَﻓْﻨَﻰ ﺃَﻭْ ﻟَﺒِﺲَ ﻓَﺄَﺑْﻠَﻰ ﺃَﻭْ ﺃَﻋْﻄَﻰ ﻓَﺎﻗْﺘَﻨَﻰ ﻭَﻣَﺎ ﺳِﻮَﻯ ﺫَﻟِﻚَ ﻓَﻬُﻮَ ﺫَﺍﻫِﺐٌ ﻭَﺗَﺎﺭِﻛُﻪُ ﻟِﻠﻨَّﺎﺱِ

“Seorang  hamba  berkata,  “hartaku,  hartaku!”  Sesungguhnya  yang  menjadi  miliknya  dari  hartanya  adalah  tiga:  Apa  yang  ia  makan  dan  sirna,  apa  yang  ia  pakai  dan  usang,  dan  apa  yang  ia  dermakan  akan  terkumpul.  Selain  dari  yang  tiga  itu,  maka  akan  hilang  dan  ia  tinggalkan  untuk  orang  lain.”  (HR.  Muslim).

Harta  seseorang akan  menjadi  milik  ahli  warisnya  setelah  meninggal  dunia,  walaupun  sebelumnya  menjadi  miliknya. 

Apa  yang  ia  belanjakan  di  jalan  Allah  itulah  yang  menjadi  miliknya  dalam  hidup  dan  sesudah  kematiannya. 

Dengan  demikian,  orang  yang  mendermakan  hartanya  di  jalan  Allah  ia  akan  mendapatkan  ridha  Allah  dan  pahala  dari-Nya. 

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ (٢٦١)

“Perumpamaan  orang-orang  yang  mendermakan  hartanya  di  jalan  Allah  seperti  biji  yang  tumbuh  menjadi  tujuh  batang.  Di  setiap  batang  terdapat  seratus  biji.  Allah  melipatgandakan  pahala  orang  yang  Ia  kehendaki.  Dan  Allah  Maha  Luas  dan  Maha  Mengetahui.”  (Al-Baqarah  [2]:  261)

Allah  SwT  membuat  perumpamaan  orang  yang  mendermakan  hartanya  di  jalan  Allah  seperti  orang  yang  menanam  biji  yang  dari  biji  itu  tumbuh  tujuh  batang  yang  setiap  batangnya  terdapat  seratus  biji. 

Maka  hasil  dari  satu  biji  adalah  tujuh  ratus  biji.  Dan  Allah  melipatgandakan  pahala  orang-orang  yang  ia  kehendaki. 

Begitu  pula  harta  yang  dibelanjakan  di  jalan  Allah,  maka  pahalanya  akan  berlipat  tujuh  ratus  kali.  Allah  SwT  menganjurkan  hamba-hamba-Nya  untuk  cepat-cepat  mendermakan  harta  mereka  di  jalan  kebaikan,  siang  dan  malam,  secara  sembunyi-sembunyi  maupun  terang-terangan. 

Semua  itu  untuk  melebur  dosa-dosa  mereka  dan  mendapatkan  kedudukan  yang  mulia  di  sisi-Nya.

اَلَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ (٢٧٤)

“Orang-orang  yang  mendermakan  hartanya  pada  waktu  malam  dan  siang  secara  sembunyi-sembunyi  dan  terang-terangan,  maka  bagi  mereka  pahala  di  sisi  Tuhan  mereka.  Tidak  ada  ketakutan  dan  kesedihan  atas  mereka.”  (Al-Baqarah  [2]:  274)

Harta  yang  didermakan  di  jalan  Allah  SwT  akan  menjadi  buah  amal  di  akhirat.  Seorang  muslim  tidak  akan  rugi  dengan  mendermakan  hartanya,  bahkan  harta  yang  didermakan  di  jalan  Allah  itu  yang  akan   menjadi  penyelamat  dari  siksa  neraka. 

Nabi  ﷺ bersabda  dalam  salah  satu  hadits yang artinya,  “Jika  anak  Adam  meninggal  maka  putuslah   amalnya  kecuali  tiga  hal,  shadaqah  jariyah,  ilmu  yang  dimanfaatkan,  anak  shalih  yang  mendoakan  kedua  orangtuanya.”  (HR.  Bukhari-Muslim). 

Artinya  dengan  tiga  hal  tersebut  manusia  beriman  akan  memiliki  kesinambungan  antara  kehidupan  di  dunia  dan  setelah  dia  meninggal  dunia  menuju  kehidupan  akhirat  karena  berbuat  kebaikan,  termasuk  beramal  jariyah  mendermakan  hartanya  di  jalan  Allah. 

Karenanya  tidak  selayaknya  seorang  muslim  enggan  untuk  memanfaatkan  dan membelanjakan hartanya  di  jalan  Allah  sebab  semua  akan  kembali  kepada  dirinya.  Wallahu  A’lam.*/ Suko  Wahyudi, aktivis Masjid Timuran Yogyakarta

HIDAYATULLAH