Ada sebagian kalangan muslim yang meragukan keabsahan dalil puasa sunnah Sya’ban. Untuk memupus keraguan tersebut, Sayyid Muhammad Alawi al Maliki menulis beberapa hadis shahih sebagai hujjah amaliah puasa di bulan Sya’ban dalam kitabnya Madza fi Sya’ban.
Nabi pernah ditanya: “Puasa apa yang paling utama setelah puasa Ramadhan”? Beliau menjawab: “Puasa sunnah di bulan Sya’ban untuk mengagungkan bulan Ramadhan”. Satu riwayat menceritakan, seseorang bertanya kepada Nabi tentang shodaqoh yang paling utama. Kata Nabi, “Shodaqoh di bulan Ramadhan”. (HR. Turmudzi, status hadis gharib).
Sayyidah Aisyah berkata: “Rasulullah sering berpuasa sehingga kami katakan: Beliau tidak berbuka. Beliau juga sering tidak berpuasa sehingga kami katakan: Beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah melihat beliau menyempurnakan puasa sebulan penuh kecuali Ramadhan, dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa dalam sebulan (selain Ramadhan) lebih banyak dari puasa beliau di bulan Sya’ban”. (Muttafaq ‘alaih. Redaksi hadis dari Imam Muslim). Selain Imam Bukhari dan Muslim, hadis ini juga diriwayatkan oleh Imam Abu Daud.
Dalam riwayat yang lain, Sayyidah Aisyah juga berkata, “Aku tidak melihat Rasulullah (berpuasa) pada setiap bulan lebih banyak dari puasa beliau di bulan Sya’ban. Beliau berpuasa Sya’ban kecuali sedikit saja, bahkan beliau puasa Sya’ban seluruhnya”. (HR. Nasa’i, Turmudzi, dan lain-lain).
Sayyidah Aisyah juga berkata, “Dari beberapa bulan Rasulullah sangat senang berpuasa di bulan Sya’ban, kemudian beliau sambung dengan Ramadhan”. (HR. Imam Abu Daud).
Dalam riwayat Imam Nasa’i, Sayyidah Aisyah berkata: “Pada setiap bulan Rasulullah tidak berpuasa lebih banyak dari puasa beliau di bulan Sya’ban, beliau berpuasa sebulan penuh atau sebagian besarnya”.
Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, Sayyidah Aisyah berkata, “Belum pernah Rasulullah berpuasa satu bulan lebih banyak dari puasa beliau di bulan Sya’ban. Terkadang beliau berpuasa di bulan Sya’ban sebulan penuh”.
Hadits-hadits tersebut sebagai dalil dianjurkannya puasa sunnah di bulan Sya’ban. Dengan demikian, tidak elok selalu memperdebatkan soal legalitas dan kualitas dalilnya. Karena yang lebih penting adalah pengamalannya. Bagi mereka yang meragukan dalil-dalil dianjurkannya puasa di bulan Sya’ban, sebaiknya membaca ulang secara keseluruhan. Kalau masih ragu, cukup keraguan itu disimpan dalam benaknya, tanpa harus menyalahkan umat Islam yang meyakini keabsahan dalil puasa sunnah di bulan Sya’ban.